Honda Mulai Serius Garap Indonesia Timur

Bandung, KompasOtomotif - PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai Agen Pemegang Merek Honda di Indonesia, makin serius membidik wilayah Indonesia Timur. Hal itu seiring dengan ekspansi Honda yang makin gencar di sebagian wilayah Indonesia.

"Ekspansi di Indonesia Timur akan gencar dilakukan tahun depan," ujar Direktur Marketing and Aftersales Service HPM, Jonfis Fandy kepada wartawan di Bandung, beberapa waktu lalu. Jonfis menjelaskan, saat ini Honda hanya memiliki satu dealer di Indonesia timur yakni di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Penjualan di sana cukup bagus dan hampir sama dengan Indramayu, Jawa Barat, yakni sekitar 25 unit per bulan. Melihat itu, Honda pun tertarik untuk membuka lebih banyak cabang di Indonesia timur. Selain karena potensinya yang cukup besar, investor yang menaruh minat pada Indonesia timur sudah ada.

"Makanya saat ini kami sedang mempelajari karakter konsumen di sana. Selama ini yang banyak beli pemerintahan, kita sedang mempelajari beli dari mana, cara masuknya seperti apa, dan lainnya," ucap Jonfis.

Karena berbagai proses itulah, pembukaan di Indonesia timur akan difokuskan di 2016. Saat ini Honda sudah mengantongi sejumlah kota yang akan menjadi bidikan. Di antaranya Ambon (Maluku), Irian Jaya, Sorong, Abepura, dan beberapa daerah Papua lainnya.

"Sebenarnya tidak ada masalah berarti untuk pengembangan bisnis di Indonesia timur. Kalau masalah tanah (lokasi), di Indonesia harga tanah terus naik. Hanya mungkin di Papua, nanti ada pembelian tanah adat atau apa, itu proses," imbuhnya.

Target

Jonfis mengungkapkan, target Honda tahun ini 170.000 unit, naik dari tahun lalu 159.000. Ia optimistis bisa mencapainya, karena di saat Januari-Maret pasar otomotif turun, penjualan Honda justru meningkat sekitar 20 persen.

"Penjualan kami hingga Maret mencapai 44.488 unit. Penopangnya dari Mobilio, Brio, terutama HRV," ucapnya. Penjualan HRV, sambung Jonfis, luar biasa. Target HRV satu tahun sebanyak 24.000 bisa terpenuhi dalam tiga bulan. Dengan capaian ini tentu dirinya akan mengubah target penjualan HRV yang akan dilakukan setiap 6 bulan.

Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2015/05/11/134540715/Honda.Mulai.Serius.Garap.Indonesia.Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar